Obrolan Menyenangkan Bersama Patricia Levyta

17.42


Patricia Firscha Levyta, yang biasa dipanggil Pat ini lahir di Malang, 8 September 1994. Seorang Virgo yang menjalani hobi (crafting, bernyanyi, bermain alat musik, jalan-jalan ke hutan) menjadi banyak project yang menyenangkan, mulai dari Amicitia, Folkapolka, hingga saat ini yang sedang fokus ia jalani, Lett Magazine. Tadi malam, Pat bersedia menjadi korban kerusuhan Saturday Corner selanjutnya. Obrolan kami cukup panjang dan banyak sekali hal-hal menarik darinya, yang saya sendiri cukup relate saat mendengar ceritanya. Simak obrolan Feby bersama Pat yang mengaku memiliki keinginan untuk hidup nomaden keliling Indonesia bersama sang pacar ini yuk!

Halo, Pat! Apa kabar nih? Kenalan dulu dong sama pembaca Saturday Corner.
Halooo, baik. Aku orang yang biasa saja. Kalau laper, pengen makan. Kalau ngantuk, pengen tidur. Nggak bisa diem juga. Harus ada yang dilakuin, seenggaknya dipikirin. Kalau sesuatu itu sudah terlaksana, harus merencanakan yang lainnya. Kalau ada waktu kosong sehari aja, harus banget jalan-jalan ke pasar loak, taman, atau melipir ke hutan atau pantai.

Kamu tuh kayak yang produktif banget jadi iri ngeliatnya. Kalau sekarang ini lagi sibuk ngapain, Pat?
Haha yaampun padahal aku nggak sendirian produktifnya ya rame-rame lho. Mikirnya bareng-bareng, ngelakuinnya juga bareng-bareng. Sekarang sih Lett Magazine aja. Lagi jalanin majalahnya dan sering bikin eventnya.

Ngomong-ngomong soal Lett Magazine. Bisa ceritain nggak awalnya kepikirian buat ngekonsep majalah itu gimana?
Jadi dulu aku dan salah seorang temenku pernah berkontribusi di sebuah majalah, kirim-kirim artikel gitu. Singkat cerita, kita jadi kepingin bikin majalah sendiri. Suatu hari datanglah malaikat penolong, temenku namanya Ardi. Dia nawarin bantuan di bagian foto dan desain grafis, kebetulan dia lulusan DKV. Langsung aja deh nggak pake ragu-ragu. Lambat laun banyak temen-temen yang menawarkan diri buat bantuin juga. Serunya mereka dari berbagai bidang. Ada yang sastra, film, musik, fashion, fotografi. Jadi kita sedang membangun Lett Magazine, majalah dengan konten dan konsep Art & Lifestyle ini bareng-bareng. Saat ini Lett sudah berjalan selama setahun dua bulan. Dulu bisa dibilang cuma proyek iseng aja sama Ardi tapi sekarang arahnya udah serius.


Suka duka nya ngejalanin Lett apa sih, Pat? Lett adalah sebuah majalah cetak, tapi sekarang era yang serba digital, pernah nggak ini mempengaruhi kamu membangun Lett?
Standar sih, seperti orang-orang yang bangun usahanya dari nol. Nah masalah itu juga salah satunya. Tapi kami tetep konsisten di majalah cetak, karena kan emang niatnya majalah. Majalah ya harusnya cetak, bukan digital. Bisa disimpen dan dibaca kalau pengen. Ada bukti fisiknya gitu, lho. Masalah lainnya ya kami belum ada sponsor/iklan besar, jadi jujur saja sampai sekarang kami belum dapat uang. Tapi ketutup sama pengalaman yang seru, jadi dibawa santai aja. Tapi ya berat sih, jadi agak terhambat. Sedangkan kalau kami sudah ada iklan besar kan, apapun bisa kita lakui, hehe.

Kenapa kamu pilih nama Lett?
Lett artinya lampu dari bahasa Norwegia. Lampu – cahaya – ide.


That's cool! Harapan buat Lett tahun ini apa, Pat?
Harapannya bisa terbit tiga edisi terus, ya lebih baik semuanya. Dari tim redaksi internal, terus event-eventnya semakin beragam dan semakin dikenal di luar kandang sih. Dan semoga ada donatur yang ngasih puluhan juta haha.

Aamiin. Ohiya, kamu suka crafting dari kapan Pat?
Jujur aja aku suka crafting dari lulus SMA sih. Karena dulu waktu SMA aku cupu banget, nggak tau begituan, nggak pernah ke acara-acara kreatif gitu.

Jadi kamu belajar otodidak?
Sering nonton tutorial di Youtube sama ikut workshop class gitu sih. Tapi sejujurnya ikutan workshop class juga cuma beberapa kali. Seringnya ngintipin orang workshop, soalnya aku kan ada Amicitia juga (jauh sebelum Lett), workshop crafting series gitu. Jadi emang sengaja ngundang materi yang macem-macem biar ada kesempatan buat belajar.


Ceritain dong tentang Amicitia dan pengalaman seru kamu selama ini.
Amicitia itu aku bikin bertiga sama mbak Puput dan Kebo, mantanku. Kita emang pengen bikin kelas craft berseri gitu di Malang, soalnya di Malang belum ada sepertinya. Itu tahun 2014. Terus dulu awalnya kita cari-cari random di Instagram, di Malang kira-kira siapa yang bisa jadi pemateri. Dulu event pertama rame banget karena niat banget, materinya 4, sampe ada MC-nya juga haha. Jumlah pesertanya sampe jebol dan terpaksa nolak banyak orang karena keterbatasan waktu dan tenaga. Terus ternyata banyak yang nungguin kelas berikutnya. Semua kelas seru, karena kenal dengan pemateri dan beberapa peserta baru (kebanyakan sih sudah pernah ikut kelas sebelumnya). Interaksi dengan orang-orang dengan sifat berbeda-beda. Mulai yang lucu sampai nyebelin pasti ada aja.

Oh ya, paling seru lagi waktu ngundang mbak Elda Suryani, vokalis Stars and Rabbit (SaR) jadi pemateri. Itu event kedua. Jadi ceritanya dulu rencananya Amicitia itu lima bulan sekali. Nah, udahan event pertama itu aku dua bulan mikir ngundang siapa ya berikutnya. Terus si Kebo nyeletuk, "Ya undang Elda aja lah. Kamu kan kenal." Aku yang, "Hah? Mimpi apa, ngundang dia." Ceritanya waktu itu aku lagi sering berbalas email sama mbak Elda. Dulu SaR belum segede sekarang. Karena dulu sering nyanyi solo, nah terus pengen bawain lagunya SaR, tapi nggak tau lirik pastinya. Akhirnya aku iseng kirim email ke doi, eh dibales, jadi sering bales-balesan. Ya bahas tentang lagu-lagunya dia, terus aku juga cerita kalau aku mau main di Blue Monday di Legipait waktu itu.

Di luar itu, aku kagum sama dia karena hobi kita sama. Anak hutan. Terus suka bikin-bikin juga. Meskipun dari bahan-bahan seadanya, tapi tiap sesuatu yang dia bikin kayak nyampein pesan tertentu gitu. Akhirnya setelah diskusi bertiga, aku beraniin diri email mbak Elda lagi tentang Amicitia dan tawaranku ngundang dia jadi pemateri. Nggak nyangka, dia excited sekali sama Amicitia. Kan aku juga kirim link-link reviewan media-media waktu event pertama. Terus cepet banget dia mutusin "mau". Aku kasih tanggal dan dia langsung keep jadwal dia ke SaR. Aku bertiga minta tolong temen-temen buat bantuin jadi tim. Jadi kita udah bikin anggaran kira-kira dia naik apa dan harganya berapa, terus di sini makan apa aja. Gitu. Eh dia maunya naik kereta. Oke. Ekonomi, oke. Tinggal di rumahku, oke. Kemana-mana aku gonceng naik motor, oke. Makan apa, tahu tempe penyet aja. Wah makin cinta aku sama dia.


Wah humble banget ternyata ya, nggak nyangka. Btw, tentang kesukaan kamu main di hutan itu kesenengan apa sih yg kamu dapet dari sana? Aku penasaran.
Seneng aja jauh dari keramaian terus denger suara angin sama hewan-hewan di sana. Jadi tenang, enak buat merenung sampai ke detail. Sebenernya nggak hutan aja sih. Gunung, bukit, pantai. Pasti semua orang juga suka lah...

Kalo Amicitia sendiri? Itu artinya apa, Pat?
Artinya teman sekelas (itu bahasa apa ya, lupa). Tapi dalam bahasa latin itu persahabatan.



Kamu juga punya ciri khas nggak dalam bikin-bikin sesuatu gitu?
Aku sebenernya bikin-bikin itu sepengennya karena aku orangnya pengenan. Begitu lihat apa gitu, terus penasaan pengen nyoba bikin sendiri. Dan bikin-bikin udah nggak aku jual lagi. Dulu sempet buat dijual, lama-lama bosen itu-itu aja. Udah bikinnya ribet, jualnya nggak seberapa. Jadi sekarang seringnya buat hadiah ke siapapun dan bukan sebagai hadiah ulang tahun, tapi karena pengen ngasih aja, atau barter juga sering sih. Jadi ciri khasnya ya bikin sepengennya dan seadanya bahan sih, hehe. Pernah nemu kain di rumah terus niat bikin tempat pensil gulung, eh waktu udah proses separuh, tiba-tiba pengen bikin notebook. Ya jadinya yang rencananya tempat pensil gulung jadi sampul notebook.

Terus kalo Folkapolka sendiri ceritanya gimana? Kan awalnya kamu nyanyi sendiri tuh.
Iya jadi dulu suka nyanyi sambil gitaran terus aku masukin soundcloud, buat iseng aja. Eh, terus temen dari Malang Sub Pop tau, terus disebarin terus aku disuruh main di Afternoon Folk 4 di Houtenhand. Dulunya suka ke sana buat nonton aja dan nggak kenal siapa-siapa, eh tiba-tiba disuruh main. Ya nggak mau aku, malu banget. Pokoknya nolak terus. Tapi namaku tetep ditulis di poster. Nah dari situ jadi mulai berani nyanyi sendiri. Terus suatu hari ada temenku update Twitter nanya ada nggak cewek yang bisa main pianika, terus aku iseng bales "Aku aku!" setelah itu aku langsung di DM dan diajakin bikin band.

Tapi dulu ya belum ada namanya. Awalnya berempat, terus ketemuan (aku nggak kenal yang lainnya). Terus ya cerita-cerita aja suka musik apa, terus mau bikin band genre apa. Sharing band-band apa yang harus didengerin. Nah tiba-tiba diundang main di acaranya anak Poltek. Padahal nama band aja nggak ada. Terus buru-buru cari dua personel lainnya. Ketemuan, jadian deh. Nama Folkapolka itu juga asal nyeletuk aja dari drummerku. Jadi kita ditodong nama band buat masuk poster. Semua usulin nama dan itu asal-asalan semua. Terus terpilihlah Folkapolka karena enak disebut dan lucu aja gitu, tanpa latar belakang kenapa kok namanya begitu haha. Personilnya ada aku (vokal, keyboard, pianika, synthesizer), Faried (vokal), Ken (gitar), Hedhiarto (drum), Eko (bass, pianika) dan Yayan (gitar). Awal main dulu cover lagu-lagunya Of Monster and Man, She and Him, The Lumineers, sama apa lagi ya, lupa. Terus langsung banyak yang suka gitu jadi bikin kita semangat. Soalnya di Malang kan belum ada musik kayak gitu.




Kamu bisa instrumen apa lagi pat selain pianika dan gitar?
Aku bisa apa aja tapi cuma sekedar bisa. Soalnya aku begitu pengen belajar ya belajar, tapi kalo udah bisa dasarnya ya udah nggak aku kembangin lagi. Soalnya kalo alat musik kan sebenernya semuanya sama, maksudnya notnya gitu.

Aku pernah baca pertanyaan menarik nih, Pat. Kapan sih kamu ngerasa hidupmu itu dimulai? Waktu dimana kamu bener-bener tau mau jadi apa dan apa yang bikin kamu seneng.
Hmm kalau maksudnya waktu dimana bener-bener tau apa yang bikin aku seneng dan mau jadi apa aku, ya sekarang sudah. Begitu juga beberapa tahun lalu waktu sedang menyenangi sesuatu dan bermimpi mau jadi apa, ya berarti dulu juga sudah. Begitu juga beberapa tahun lagi kalau (amit-amit) ternyata ada hal baru lagi, berarti waktu itu waktu hidupku dimulai. Gitu kan? Jadi intinya sepertinya setiap saat aku harus merasa baru memulai hidup deh. Maksudku amit-amit tadi kalau ada hal baru dan hal sekarang bukan lagi hal yang menyenangkan.

Menarik, Pat! Buat orang-orang yang nggak suka hidup stagnan kayanya bakal relate banget sama jawaban kamu haha. Ada pesan atau saran nggak buat pembaca Saturday Corner yang kira-kira punya passion dan personality yang sama kaya kamu?
Pesennya jalani aja semuanya, mau yang disuka atau nggak disuka, dengan ikhlas dan senang hati. Terus, biasakan untuk memberi hadiah buat diri sendiri, misalnya beli barang yang udah dipengenin lama, makan enak, jalan-jalan atau sekedar tidur seharian di rumah sambil dengerin lagu yang kamu suka.


Terakhir, menurut kamu makna hari Sabtu itu seperti apa?
Wah Sabtu ya. Sabtu buat aku biasa aja sih, sama seperti hari lain. Bedanya Sabtu banyak acara dan jalanan jadi macet juga biasanya lebih sibuk dari hari lainnya, karena biasanya ngisi acara atau bikin acara ya di hari Sabtu.

Kenalan sama Pat disini yuk! Your eyes will be blessed from all of the aesthetic pictures and her creations. Buat yang penasaran jangan lupa juga kalian bisa mengunjungi project-project Pat disini:

Lett Magazine: @lettmagz
Amicitia: @amicitia_ce

Folkapolka: @folkapolka_

Salam,
Yola.

(Sumber Gambar: Dokumentasi Patricia, Lett Magazine, Folkapolka dan Amicitia)

You Might Also Like

0 Komentar